Download RPP Satu Lembar! Sesuai Edaran Kemdikbud RI No. 14 Tahun 2019

 

Sudahkah bapak dan ibu guru membuat RPP satu lembar? Bukankah merencanakan kegiatan pembelajaran berwujud RPP adalah kewajiban seorang guru sebelum meng-orkestra-i pembelajaran di kelas?

Surat Edaran Kemdibud RI Nomor 14 Tahun 2019 yang ditandatangani tanggal 10 Desember 2019, tentang Penyederhaaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan wujud dari program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Nadiem Makarim. Penyusunan RPP yang semula--bagi sebagian guru sangat meribetkan, karena perlu berlembar-lembar halaman, kini telah disederhanakan cukup satu lembar. Atas dasar prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid, RPP kini lebih ringkas.  

Bukanlah hal yang mudah menyederhanakan RPP menjadi satu lembar. Diperlukan kiat-kiat penyederhanaan yang komprehensi dalam menerapkannya. Salah satu sebabnya adalah bagaimana menampakkan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kegiatan Program Sekolah Adiwiyata dan kegiatan 4C (Ctritical Thingking, Creativity, Communication & Collaboration) dalam satu lembar RPP. 

Tentunya, bagi sebagian bapak ibu guru, hal tersebut di atas malah akan menjadikan lebih sulit. Di artikel kali ini, marilah kita bersama-sama belajar sekaligus berbagi pengalaman dalam membuat RPP satu halaman.

1. Siapkan Dokumen Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

Berdasarkan pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018, KI dan KD Mata Pelajaran telah dilakukan beberapa perubahan yang mendasar. Antara lain adanya muatan lokal/ ekstrakulikuler Informatika pada jenjang SD/MI dan atau Mata Pelajaran Informatika di tingkat SMP/MTs. Atau, kita dapat menduplikasi atau copy paste dokumen KI dan KD Mata Pelajaran dari Aplikasi Erapor yang ada di sekolah masing-masing.

2. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan arah pembelajaran yang akan berlangsung. Dikatakan pula bahwa tujuan pembelajaran merupakan perilaku hasil belajar yang hendak dicapai oleh peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran. Banyak pakar pendidikan, untuk menentukan tujuan pembelajaran cukup dengan menggunakan rumus: ABCD (Audience, Behaviour, Condition, Degree) atau 1) Audien (peserta didik); 2) Perilaku (menggunakan sintaks taksonomi yang mewakili kompetensi); 3) Kondisi (Situasi/ kondisi atau lingkungan yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan baik; 4) Ukuran (kriteria yang dirumuskan secara baku sebagai bukti bahwa pencapaian tujuan pembelajaran dan proses belajar berhasil, misalnya: dengan presentase %). 

3. Mendeskripsikan Langkah-Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran atau disebut juga perilaku yang ditunjukkan dalam kegiatan pembelajaran menjadi satu kesatuan utuh dengan tujuan pembelajaran. Dapat diibaratkan setali dua uang kedua aspek RPP ini. Artinya, dalam menentukan tujuan pembelajaran, terlebih dahulu kita harus menentukan Metode Pembelajaran yang akan kita terapkan sesuai muatan KI dan KD Mata Pelajaran, sedangkan dalam metode pembelajaran memuat langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.  

Untuk lebih mudahnya dalam kaitan ini, kita perlu membaca buku yang ditulis oleh Dr. H. Moch. Agus Krisno Budiyanto, M.Kes yang berjudul "Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL)". atau Buku berjudul "53 Metode Belajar dan Pembelajaran" yang dikarang oleh Syifa S Mukrimaa. Dengan kedua buku ini, kita akan lebih terarah dalam menentukan langkah-langkah yang tepat ketika membuat RPP satu lembar.

a. Buku Pertama : Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL)



b. Buku Kedua: "53 Metode Belajar dan Pembelajaran"


Untuk mendapatkan kedua buku tersebut, dapat diklik tautan download di bawah ini:


4. Download RPP satu lembar terbaik

Untuk lebih jelasnya, bagaimanakah RPP dibuat dengan baik, berikut contoh RPP satu lembar terbaik yang dibagikan kepada bapak dan ibu guru. Atau bapak ibu guru dapat mengakses langsung di laman resmi guru berbagi di https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/.


Dari situs resmi  https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ semua guru dapat berpartisipasi dalam berbagi RPP satu lembar. Tentunya, tidak hanya menjadi "penikmat" saja, tinggal download RPP tersebut, namun kita dapat berperan aktif sebagai kontributror situs Berbagi Guru tersebut.

Berikut contoh RPP yang terbaik menurut analisa kami sebagaimana terlampir gambar di bawah!

Download RPP satu lembar
Download RPP satu lembar


Download RPP satu lembar

Download RPP satu lembar

Demikian tulisan ini, semoga dapat membantu rekan bapak ibu guru dalam membuat RPP satu lembar. Selamat berkarya!


2 comments:
Write Comments