Terbaru! Download Soal Offline AKM SMA/MA/SMK 2020

 

sumber gambar: https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id. 

Dapatkan soal AKM untuk tingkat SMA MA SMK secara gratis!

Berakhirnya Ujian Nasional (UN) di tahun 2020 banyak kalangan menyambut positif akan hal itu. Namun, perlu diketahui bahwa p sejatinya, UN tidak dihapus, melainkan digantikan oleh Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.

Apa sih AKM?

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum adalah penilaian yang menggambarkan sejauh mana peserta didik dapat belajar dengan kemampuan atau kompetensi belajar apapun mata pelajarannya yang memiliki dua hal materi yaitu literasi (baca-tulis) dan numerasi.
Dalam kaitan ini, makna dari literasi bukan terbatas pada kemampuan membaca saja, akan tetapi mencakup serta pada kemampuan peserta didik menganalisis suatu bacaan. Di samping itu, dalam materi literasi peserta didik diukur kemampuannya untuk mengerti atau memahami konsep di balik bacaan tersebut. 
Selanjutnya, makna numerasi adalah kemampuan peserta didik dalam menganalisis menggunakan angka. Peserta didik diukur kemampuannya dalam hal menggunakan konsep angka untuk menganalisis sebuah materi penghitungan angka secara konkrit.

Regulasi AKM SMA/ MA dan SMK dengan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia)

Dua hal pokok penilaian AKM, yaitu aspek literasi dan numerasi, menjadikan pemerintah telah membuat program yang dinamakan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) yang dirilis baru-baru ini. Sebagaimana yang dipublikasikan oleh Pusat Penilain Pendidikan Kemdikbud RI yang dapat diakses melalui laman https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id. 

Perlu diingat bahwa penilaian AKM dengan Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) merupakan salahsatu bentuk penilaian pengganti UNBK yang telah berakhir riwayatnya pada tahun 2019/2020--yang selanjutnya dibatalkan oleh karena pandemi Covid 19. Rencananya, AKM dengan AKSI ini akan dimulai pada tahun pelajaran 2020/2021 pada jenjang kelas 10 SMA/MA/SMK.

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia merupakan bentuk penilaian eksternal yang terstandar dan didesain untuk mengukur literasi dan numerasi peserta didik yang selaras dengan kompetensi abad 21. Dengan penilaian tersebut, Data serta bukti penilaian akan dijadikan dasar dalam penyusunan kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus dan mutu pendidikan secara umum.

Download AKM SMA/ MA SMK dengan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia)

Untuk memudahkan dan mengetahui gambaran AKM tingkat SMA/ MA dan SMK dengan AKSI, berikut dapat anda download link di bawah ini.
 Download Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia

Cara Menggunakan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) SD/MI


Setelah anda mendownload file AKSI berekstensi .rar di atas, langkah berikutnya adalah:

1. Melakukan ekstrak folder yang ada di dalamnya 



2. Pastikan hasil ekstrasi folder dan file pendukung lengkap, sehingga tidak terjadi error di kemudia hari.



3. Bukalah Folder AKSI_SMA_FINAL, dan cek isi dari folder tersebut. Untuk memulainya klik dua kali pada : usbwebserver

4. Jika muncul dua kali Windows Security Alert, pada web server dan database server pastikan klik centak public Networks dan Allow Access.


5. Pastikan Webserver Apache dan Database web mysql telah berwarna hijau sebagai tanda aplikasi dapat digunakan.


6. Jika sudah terkoneksi berhasi semua, secara otomatis komputer anda akan membuka web browser default dengan alamat: http://localhost:8080/



7. Selamat! anda bisa mencobanya memasukkan nama anda, dan akan tahu bagaimanakah soal AKM dengan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) di gunakan di tahun 2020/2021di tingkat SMA/MA dan SMK kelas 10.




--Jika anda mengalami kesulitan untuk menjalankan tutorial di atas, anda dapat melihat video tutorial di bawah ini.

No comments:
Write Comments