Cara Super Singkat tanpa Registrasi ! Online-kan E-Rapor SD SMP SMA dan SMK Tahun 2020

 

Pada akhir semester adalah waktu yang sangat penting bagi sekolah untuk mempersiapkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik di setiap semesternya. Baik di semester ganjil maupun genap. Dengan aplikasi erapor SD, SMP, SMA dan SMK, tentu pekerjaan akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan erapor berbasis manual, atau berbasis database excel.

Dengan keadaan seperti sekarang ini, yang mewajibkan WFM (Work From Home), oleh karena adanya pandemi wabah virus, pekerjaan pengisian erapor yang semestinya dapat dikerjakan di sekolah tidak dapat dilakukan. Membuat perencanaan nilai, input nilai sampai menjadi lembar laporan amat sangat terkendala. Jangan khawatir! berikut ini kami berbagi langkah cepat meng-online-kan erapor yang bisa diakses dari rumah, baik untuk jenjang SD-SMP-SMA dan SMK.

Langkah persiapan:
  1. Pastikan aplikasi erapor yang dipakai adalah yang terbaru, misal : untuk SD, versi 1.0, SMP versi 2.1., SMA sudah versi f.
  2. Pastikan erapor sudah diinstal di server yang memiliki performa PC paling baik (bisa menggunakan server UNBK, minimal : Processor Corei3)
  3. Pastikan Windows Defender anda telah di-nonaktifkan terlebih dahulu
  4. Jangan lupa, komputer erapor harus terkoneksi dengan internet
  5. Download program EnGiROK (Ngrok) dalam bentuk file zip atau rar di sini
Langkah Online-kan Erapor

1. Buka aplikasi erapor sekolah anda, dan cek port erapor yang akan di online kan: 
Berdasarkan gambar di atas, kita akan mengonlinekan erapor melalui port: 2679. Dapat juga dengan menggunakan port : 3679 atau 2020
2. Jalankan aplikasi Ngrok yang sudah di ekstraksi tanpa instalasi, yang berbasis .exe


3. Jalankan ngrok.exe dengan klik kanan, Run As Administrator


4. Pada layar command promt> ketik aja : ngrok_spasi_http_spasi_port yang akan digunakan.
Misal : ngrok http 3679      


5. Jangan lupa tekan enter untuk menjalankannya
6. Jika berhasil, akan ditampilkan proses dari online-kan erapor ke internet.


7. Lakukan ujicoba apakah alamat seperti : http://75c87e85.ngrok.io  yang diberikan oleh ngrok dapat diakses atau tidak.


Keterangan : 502 Bad Gateway : menunjukkan bahwa erapor belum bisa diakses lewat online

8. Lakukan penggantian port yang lain, sehingga tidak muncul keterangan 502 Bad Gateway. Kalaupun masih tidak bisa, gunakan waktu yang traffic akses internet sekiranya tidak penuh. Misalnya di sore atau malam hari.

Contoh, koneksi meng-online kan erapor yang berhasil seperti di bawah ini, menggunakan port: 2020


9. Bagikan alamat yang tertera di atas ke group media sosial bapak/ ibu guru untuk diakses di rumah, sebagai ganti bekerja di sekolah. Misal : https://f4f1d5b2.ngrok.io

Catatan : 

1. Karena cara di atas, tidak perlu registrasi, maka online erapor dibatasi hanya 7 jam saja.
2. Jangan matikan ngrok selama pemakaian erapor, karena jika di close akan mengakibatkan perubahan alamat akses terganti dengan yang baru.

Bagaimana untuk menghilangkan batasan 7 jam online, maka kita perlu mendaftarkan diri di situsnya web ngrok.io di sini., atau simak tutorial di bawah ini!


No comments:
Write Comments